Senin, 18 September 2017

Karnaval Seni Budaya Lintas Agama dan Pawai Ogoh-Ogoh di Semarang

Semarang (Monitor Jaringan) - Karnaval seni budaya lintas agama dan Pawai Ogoh-Ogoh 2017, diselenggarakan Minggu (2/4/2017) di Semrang. Pawai dimulai dari titik nol kilometer Kota Semarang hingga Balai Kota Semarang.

Dengan diawali prosesi upacara yang diakhiri dengan pertunjukan sendra tari Arjuna Wiwaha diiringi Gong Puspagiri.

"Saat ini pariwisata dianggap sebagai penyumbang pendapatan domestik bruto yang paling mudah dan murah. Pariwisata juga dijadikan instrumen untuk melestarikan alam dan budaya. Pawai ini dijadikan sarana mengembangkan potensi pendukung pariwisata, dijadikan ajang memantik para penggiat seni untuk berkreasi, dan meningkatkan kunjungan wisatawan," ujarnya, Jumat (31/3).

Menurut Achyani Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Semarang, pawai digelar guna memelihara kerukunan antar umat beragama.

Pawai tersebut diikuti, antara lain oleh kelompok pagar ayu, kelompok pinandita dan pemimpin agama, pasukan berkuda dari Polrestabes Semarang, Kelompok pasukan mataram, kelompok warak ngendog dari Dewan Kesenian Semarang, tiga pasukan ogoh-ogoh, dan sejumlah kelompok seni dari berbagai unsur.

Dari meriahnya dan dengan tema yang memiliki esensi Pemersatu Kebinekaan, banyak kalangan yang berharap, Acara seperti ini dapat dijakadikan sebagai pilot project yang berhasil dan sudah dicanangkan oleh Pemkot Semarang. Banyak juga yang berharap, akan segera dilaksanakan di bebagai kota / kabupaten di seluruh Indonesia. (SM)

Foto : Istimewa