INDIE streaming

Korem 152/Babullah Latih Masyarakat Berdayakan Perikanan

Ternate, (d' Monitor) - Pelatihan Emas Biru (Pemberdayaan Sektor Kelautan dan Perikanan) oleh Korem 152/Babullah kepada para kelompok nelayan dan Babinsa se-Maluku Utara di Gazebo Nuku Makorem, Jl. A.M. Kamaruddin No. 1 Kel. Sangaji, Kota Ternate, Provinsi  Maluku Utara (16/12).

Materi pelatihan disampaikan oleh Jefri Slamta, seorang Aparatur Sipil Negara yang sehari - harinya berdinas di Kodam XVI/Pattimura dan telah bergelut dengan Program Emas Biru tentang  budidaya keramba apung di Teluk Ambon sejak 2009.

Ia mengelolah Emas Biru dengan modal seadanya bahkan pernah menggunakan jaring dan botol bekas sebagai pelampung, namun perjuangan panjangnya telah membuahkan hasil, bahkan hasilnya sangat menguntungkan. Sejak usaha yang ditekuninya serta didukung oleh Kodam XVI/Pattimura, kemajuan usahanya semakin meningkat,  serta mampu menghasilkan keuntungan sekitar 30 hingga 60 juta rupiah dalam satu kali panen.

Jefri saat ini telah menjadi koordinator Emas Biru bahkan kerap kali memberikan pembekalan kepada masyarakat yang ingin menekuni hal serupa. Dalam pelatiahan ini, Ia menjelaskan tentang cara mengelolah dan mengembangkan Keramba Jaring Tancap (KJT) dan Keramba Jaring Apung (KJA), sehingga masyarakat nelayan setempat memahami cara membudidayakan ikan agar tidak hanya mengandalkan hasil tangkapan ikan saja (rm).

Foto: Penrem 152