INDIE streaming

Rekruitmen CPNS 2018 di buka kembali

Jakarta, (d' Monitor) - Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi pekerjaan yang diidam-idamkan bagi sebagian orang.

Rekrutmen CPNS dari tahun ke tahun ramai oleh pendaftar yang bersiap menjadi abdi negara.

Di tahun 2017 silam, pendaftaran CPNS sudah buka dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama oleh Kementrian Hukum dan HAM, dan gelombang kedua oleh beberapa Kementrian dan Lembaga.
Di tahun 2018 ini pemerintah kembali membuka rekrutmen CPNS untuk pemerintahan daerah.

Kabar baiknya lagi, bagi pendaftar yg gagal di gelombang sebelumnya pada tahun lalu, masih bisa daftar kembali.

Menteri PAN-RB, Asman Abnur mengatakan, bahwa saat ini kementerian PAN RB tengah memvalidasi data usulan formasi dari setiap instansi pemerintah. Sementara untuk pendaftaran direncanakan pada Februari 2018 mendatang. 
Untuk di ketahui pendaftaran dilakukan melaluib portal masing-masing kementrian/CPNS daerah, yang baik persyaratan maupun tata cara pendaftaran sudah lengkap terpapar.

Terkait kuota penerimaan CPNS 2018 ini, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kemen PAN-RB,  Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, Kementrian PAN-RB sudah mengusulkan formasi jumlah CPNS 2018 ke Kementrian Keuangan.

"Pada 2018 yang akan pensiun 250 ribu orang. 38 ribu di pemerintah pusat dan sisanya daerah. Posisi terakhir baru itu yang kami sampaikan ke Kementerian Keuangan untuk 2018," katanya. 

Pemerintah tetap melakukan seleksi CPNS 2018 dengan sistem zero growth, artinya, tambahan CPNS tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun. (GDP)