INDIE streaming

Aneka Sampah ditangani Serius oleh Pemerintah


Jakarta (d'Monitor) - Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian LHK, Rosa Vivien Ratnawati, baru saja mengikuti rangkaian kegiatan The 8th Regional Forum in Asia and the Pacific di Indore, Madhya Pradesh, India, yang berlangsung dari tanggal 9-12 April 2018. 


Forum ini menekankan bahwa sampah dan limbah merupakan sesuatu yang berharga untuk menumbuhkan circular economy melalui resource efficiency pengelolaan sampahnya. Oleh karenanya, Pemerintah Indonesia begitu peduli memperhatikan soal penanganan sampah ini melalui gerakan yang sudah disosialisasikan seperti 3R (reduce, reuse&recycle). 



Kebijakan 3R untuk pengelolaan sampah dan limbah dapat menjaga keberlanjutan masa depan lingkungan; clean land, clean water dan clean air serta mendukung capai pelaksanaan SDGs di negara-negara Regional Asia Pacific. Forum multilateral yang dihadiri oleh hampir 300 peserta berasal dari 40 negara-negara di Regional Asia-Pacific merupakan perwakilan dari pemerintah, walikota, international expert, research institutes, peneliti dan instansi yang ada di bawah UN institusi. 



Saat ini sudah ada 5.244 Bank Sampah tersebar di 34 provinsi dan 219 kabupaten/kota di Indonesia. 
Bank sampah tersebut memberikan kontribusi pengurangan sampah nasional sebesar 1,7% dari timbulan sampah nasional (rm). | Foto: istimewa