INDIE streaming

Bis Berlogo Wonderful Indonesia Akan Semarakkan Asian Games

Jakarta (d'Monitor) - Pesta olahraga bergengsi internasional Asian Games 2018 bakal disemarakkan dengan kehadiran bis ukuran besar berlogo Wonderful Indonesia/WI yang digagas oleh Kementerian Pariwisata. Menteri Pariwisata (Menpar) bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Sallahudin Uno meluncurkan bis ini di Lapangan Monas, Silang Merdeka Barat Daya Jakarta (26/07). 



“ Media value dari event sport tourism besarnya dua kali lipat dari direct impact. Untuk Asian Games 2018 yang diproyeksikan memberikan direct impact sebesar 170.000 wisman dengan potensi devisa Rp 3 triliun, media valuenya diproyeksikan lebih besar dari direct impact-nya,” jelas Menpar Arief yang juga didampingi Ketua II Co-Branding Kemenpar Priyantono Rudito, Dirut TransJakarta Budi Kaliwono, Dirut DAMRI SN Milatia Moemin, dan Direktur Blue Bird Group Andrianto Djokosoentono ini. 



Perhitungan nilai media atau _media value_ dari event olahraga Asian Games dengan membandingkan (benchmark) dari penyelenggaraan MotoGP yang direct impact-nya sebesar US$ 100 juta sedangkan media value nya mencapai US$ 200 juta atau dua kali lipat. “Tingginya _media value_ MotoGP ini karena pemberitaannya yang luas disiarkan ke 60 negara melalui 200 perusahaan broadcasting atau saluran tevisi dunia,” terang Arief Yahya. Perhitungan _media value_ ini diperkirakan juga akan terjadi pada event Asian Games 2018 yang merupakan salah satu event olahraga terbesar di dunia. 



Indirect impact untuk Asian Games 2018 yaitu melalui media value dengan estimasi jumlah penonton TV (non-streaming) sebanyak 300 juta audiens dengan standar biaya media $ 25 per thousand viewers menghasilkan impact sekitar Rp 105 Triliun. 



Branding WI di bis dengan melayani jalur utama di Jakarta dan Bandara Soekarno-Hatta yang rencananya berjumlah 100 bus, terdiri dari 64 bus Trans Jakarta, 20 Damri Airport Bus, dan 16 _shuttle_ bus Blue Bird. 



“Branding Wonderful Indonesia dengan bus wrapping ini telah kita lakukan pada momentum World Cup 2018 Rusia dan Piala Eropa 2016 di Perancis. Selain itu sudah banyak kita lakukan di negara lain, misalnya pada bursa pariwisata dunia di ITB Berlin (Jerman), WTM London, dan kini pada momentum Asian Games 2018,” ujar Menpar Arief. 



Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengapresiasi peluncuran Branding Wonderful Indonesia untuk mepromosikan destinasi pariwisata Indonesia ke seluruh dunia melalui momen Asian Games 2018. Sandiaga Uno menyampaikan bahwa “Branding bukan cuma logo, juga bukan hanya design grafis yang melambangkan Indonesia. Tapi ini juga sebagai komitmen kita sebagai tuan rumah untuk menyukseskan Asian Games 2018. Saya menawarkan pada Bapak Menteri Arief Yahya untuk melakukan branding Wonderful Indonesia juga di MRT yang dalam waktu dekat ini akan diresmikan,” tegas Sandiaga Uno. 



Sandiaga Uno juga mengatakan penyelenggaraan event Asian Games 2018 memberikan dampak ekonomi langsung pada Jakarta di antaranya akan menciptakan 10 ribu lapangan kerja. “Kita harapkan _direct impact_ juga lebih besar dengan datangnya para atlet, _official_, dan penonton mancanegara,” kata Sandiaga Uno. 



Event Asian Games 2018 berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 akan diikuti 45 negara diproyesikan menghadirkan 170.000 wisman yang terdiri dari 10.000 atlet, 5.000 _official_, 5.000 awak media internasional dan 150.000 penonton dengan penerimaaan devisa diperkirakan mencapai Rp 3 triliun (ay/ab) - Foto: Dok.Kemenpar - Sumber : Jaringan Berita Bersama