INDIE streaming

Kegiatan Eco-Driving Ajak Masyarakat Santun dan Peduli Lingkungan di Jalan


Jakarta (d'Monitor) - Kegiatan Eco Driving merupakan bagian dari Program Langit Biru bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas udara perkotaan dari pencemaran udara yang bersumber dari kendaraan bermotor melalui penerapan transportasi berkelanjutan, disamping juga dapat menjawab tantangan upaya-upaya inovatif untuk program penurunan konsumsi bahan bakar minyak sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca yang merupakan penyebab terjadinya perubahan iklim dari sektor transportasi.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/KLHK sengaja secara rutin setiap tahun sejak 2012 melakukan acara 
Kegiatan Workshop, Eco-Driving Rally dan Talkshow 2018 yang bertujuan untuk (a) Memperkenalkan konsep, keuntungan dan manfaat Eco-Drive bagi semua pihak, (b) Memberikan pelatihan (teori) dan praktek Eco-Drive melalui Eco-Driving Rally dan (c) Memunculkan kemandirian individu untuk menerapkan teknik mengemudi Eco-Drive. 

Pelaksanaan Workshop Eco Driving ini diikuti oleh 100 peserta, sedangkan Fun Rally Eco Driving diikuti oleh 48 peserta yang berasal dari klub otomotif dan dan umum. 

Eco-driving menjadi ajak untuk meningkatkan kesadaran tak hanya berkendara di jalan raya dengan tertib, tapi juga agar paham bagaimana berkendaraan yang ramah lingkungan. Ramah lingkungan dalam hal ini dapat diartikan, sesuai dengan tag line kegiatan ini adalah “Eco-driving for lifestyle”, yaitu konsumsi bahan bakar yang rendah untuk mengurangi emisi kendaraan. Foto: Dok.KLHK