INDIE streaming

Wakapushidrosal Inspeksi Survei Hidro-Oseanografj di Perairan Belinyu

Belinyu/Bangka (d'Monitor) - Wakil Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi  TNI Angkatan Laut/Wakapishidrosal Laksamana Pertama TNI Trismadi didampingi Sahli Jemen Pushidrosal Letkol Laut (P) Yudi Kuncoro. inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di perairan Belinyu Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung (16/7).

Kegiatan survei Hidro-Oseanografi di perairan Belinyu dalam rangka pemutakhiran data Peta Laut Indonesia (PLI) No.60 Tahun 2013 untuk menjamin  keamanan dan keselamat bernavigasi pada alur masuk Pelabuhan Belinyu-Bangka/Babel.

Hasil dari kegiatan survei ini nantinya akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan dan kemajuan perekonomian di propinsi Babel yang sebagian besar kegiatan ekonominya menggunakan laut sebagai jalur transportasi utama juga pariwisata. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah yang ingin membengun perekonomian berbasis kelautan melalui program peningkatan konektivitas tol laut.

Seluruh data hasil survei yang telah dilaksanakan nantinya akan digunakan untuk pemutakhiran PLI No.60 baik dalam bentuk peta kertas maupun dalam bentuk peta Electronic Navigational Chart (ENC) serta perbaikan buku-buku publikasi nautika lainnya untuk mendukung kepentingan umum dan militer.

Pushidrosal sesuai Perpres RI No. 164 tahun 1960 dinyatakan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, diperkuat dengan Perpres RI No.  62 tahun 2016 sebagai Kotama Pembinaan TNI AL,  bertugas melaksanakan kegiatan survei dan penelitian Hidro - Oseanografi di perairan Indonesia untuk kepentingan umum dan militer (hr/ab). - Foto: Dok.Pushidrosal - Sumber : IM