INDIE streaming

Pada Pameran ITE Ho Chi Minh City Indonesia Bidik Pasar Vietnam



Jakarta (d'Monitor) - Kementerian Pariwisata bersama 11 pelaku bisnis pariwisata (sellers) dari empat destinasi di Tanah Air seperti Bali, Yogyakarta, Kepri, dan Papua, melakukan ‘Sales Mission 10 Destinasi Branding’ pada even pameran International Travel Expo Ho Chi Minh City (ITE HCMC) di Saigon Exhibition & Convention Center, Kota Ho Chi Minh City, Vietnam pada 6-8 September.

Kegiatan Sales Mission ini sebagai upaya mempromosikan destinasi unggulan di Indonesia, antara lain Bandung; Great Bali; Great Jakarta; Great Kepri; Jogja-Solo-Semarang; Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat; Medan; Makassar; Lombok; dan Banyuwangi serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) khususnya dari Vietnam yang tahun ini ditargetkan sebanyak 74.000 orang atau meningkat dari target 2017 sebesar 64.000 wisman.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Masruroh mengatakan Indonesia gencar membidik pasar Vietnam sebagai pasar menjanjikan dan pertumbuhan pariwisatanya terus meningkat seiring dengan meningkatnya perekonomiannya sehingga mendorong tumbuhnya penduduk berpenghasilan menengah ke atas untuk melakukan kegiatan wisata ke mancanegara (outbound).

“Dari survei yang dilakukan Kemenpar, wisatawan Vietnam menyukai wisata luxury atau kemewahan dan modern. Mereka menyukai shopping, spa, dan resort dan ini banyak didapat di Indonesia, disamping itu wisatawan berusia muda banyak mencari wisata yang menantang adrenalin atau adventure,” jelas Masruroh.

Keikutsertaan industri asal Bali dan Kepri, yang merupakan destinasi dengan banyak fasilitas shopping center, spa, dan resort mewah mewakili segmen pasar yang menggemari wisata luxury. Segmentasi niche market yang menyasar wisatawan usia muda yang menggemari tantangan dan adventure terwakili dengan keikutsertaan industri asal Raja Ampat, Papua yang menawarkan wisata adventure dan bahari (fm). Foto: Dok. Kemenpar