Pemkab Gorontalo Utara Beri Lahan Untuk Pangkalan Bakamla Zona Tengah

Bakamla RI Zona Tengah sangat berterima kasih kepada Pemkab Gorontalo Utara dengan memberi lahan
Manado (d’Monitor) - Bakamla RI  segera menindaklanjuti pemberian lahan dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, yang direncanakan sebagai pangkalan baru guna mengemban fungsi coast guard. Hal tersebut dikatakan Kabid Informasi Hukum dan Kerja Sama Kamla Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Yospendi, saat Asisten I Setda Kabupaten Gorontalo Utara  Sulaeman Lakoro beserta staf berkunjung ke Kantor Kamla Zona Maritim Tengah, Jl. Diponegoro No. 126, Manado (7/2).

"Luas lahan yang akan dijadikan pangkalan Bakamla RI mencapai 3 hektar. dan diberikan bertahap. Pada 2020 diberikan seluas 1,5 Ha dan sisanya diberikan pada tahun berikutnya," ujar Setda Gorontalo Utara. Kehadiran Setda Gorontalo Utara beserta staf diterima Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah diwakili Kabid Operasi Kamla Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Ahmad Muharam.


Kolonel Bakamla Ahmad Muharam sempat memaparkan tugas dan fungsi Kantor Kamla Zona Maritim Tengah beserta wilayah kerjanya yang mencapai Gorontalo Utara. Menurutnya, lahan seluas 3 Ha yang dihibahkan, merupakan bentuk dukungan kepada Bakamla RI dalam mengamankan daerah yang berbatasan langsung dengan negara Filipina yang rawan masuknya penyelundupan senjata api dan bahan peledak termasuk masuknya orang asing.



"Kita apresiasi kepada Asisten I Setda Kabupaten Gorontalo Utara karena dukungan lahan yang akan dihibahkan kepada Bakamla RI sebagai Pangkalan baru nantinya. Gorontalo Utara sebagai daerah terluar yang berbatasan dengan negara Filipina, diperlukan pangkalan sebagai fungsi dukungan baik personel, infomrasi intelijen, logistik maupun lainnya,” jelas Kolonel Bakamla Ahmad Muharam (bp).