INDIE streaming

Biografi dan Profil Ganjar Pranowo - Biodata Gubernur Jawa Tengah

Ganjar Pranowo - Pemimpin Inspiratif Dari Jawa Tengah
Semarang, (d'Monitor) - Gaya pemimpin Jawa Tengah ini, tegas dan cerdas. Tak ayal ia dikagumi oleh banyak orang khususnya masyarakat Jawa Tengah. Ditambah dengan perjalanan hidupnya yang sangat menginspirasi, sehingga dapat menjadi sosok panutan yang mampu memberi contoh yang baik.

Lahir di Karanganyar, Jawa Tengah pada 28 Oktober 1968. Ayahnya bernama Pamuji dan ibunya bernama Sri Suparmi.

Sikapnya santun, dengan pakaian yang sopan, tetapi dibalik itu semua, ia pun dapat berkelakar mengakrabkan diri kepada siapa saja, sehingga membuatnya mudah dicintai oleh rakyat. 

Kehidupan rumah tangganya yang harmonis, cinta romantis dengan istri (Siti Atikoh), membuat diriya sangat diidolakan oleh kaum hawa, khususnya ibu-ibu.

Menempuh jalan panjang, hingga akhirnya Ganjar Pranowo menjadi Gubernur Jawa Tengah, itulah yang membuktikan bahwa ia adalah sosok luar biasa.

Prestasi : 

Ganjar Pranowo sudah menyuguhkan banyak prestasi, dan kemajuan untuk Jawa Tengah. Sebagai ketua umum KAGAMA, ia dikenal ketegasannya dalam mengatasi masalah daerah yang dipimpinannya. Sebut saja hingga saat ini, tim d'Monitor baru dapat merekam lima keberhasilan Ganjar selama menjabat sebagai gubernur, antara lain :

Mendorong Tumbuhnya Lembaga Keuangan
Awal tahun 2017 lalu, Ganjar menerima penghargaan dari Presiden RI sebagai Penggerak Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Teladan untuk periode 2017. 

Ini merupakan program kredit khusus, yang ditujukan pada pelaku UMKM yang membutuhkan suntikan modal, dengan tujuan agar lebih produktif, hingga akhirnya dapat membantu mengembangkan sektor perekonomian Jawa Tengah. Berkat dirinyalah, kini akses keuangan masyarakat Jawa Tengah sudah lebih mudah.

Pembagian Kartu Tani untuk Kesejahteraan para Petani
Ganjar memaparkan, bahwa kartu ini bertujuan untuk memaksimalkan distribusi pupuk bersubsidi,  dengan tepat dalam segi harga, kualitas, tempat, waktu, jenis, dan juga jumlahnya. 

Membantu mengalokasikan bantuan sarana produksi pertanian, dan sarana produksi padi, agar nantinya tepat sasaran pada petani dengan kategori kurang mampu. 

Kartu ini juga terhubung dengan sistem pertanian Indonesia, yang nantinya bisa mensetabilkan harga komoditi pertanian ketika ada lonjakan harga di pasaran. Dirinya akan terus mendampingi program ini, agar petani Jateng bisa benar-benar mendapat manfaatnya.

Pengelolaan Pengembangan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
Ia dianugerahi Piala Wahana Tata Nugraha Wiratama dan Piala Wahana Tata Nugraha Kencana pada acara Penghargaan Bidang Perhubungan Darat Tahun 2017, yang merupakan bentuk apresiasi pemerintah, karena Jateng memiliki nilai plus dalam pengaturan lalu lintas dan penunjuk arah, kedisiplinan pengemudi, ketertiban berlalu lintas, serta pengaturan jalur trayek.

Penanganan Jalan Berlubang dengan cepat
Sebagai jalur utama, jalan di Jawa Tengah perlu penanganan yang ekstra. Kondisi jalanan yang berlubang selama ini memang sering sekali menjadi keluhan utama masyarakat di sana. Untuk itulah, ia sering melakukan survey jalanan berlubang untuk dapat diperbaiki. Sikapnya yang tegas demi kepentingan masyarakat banyak, maka Ganjar langsung mengambil tindakan dengan melakukan penandatangan kontrak dengan kontraktor agar perbaikan jalan segera dilanjutkan.

Untuk itu, anggaran yang dikeluarkan cukup besar, karena akan ada + 41,885 kilometer jalan yang akan direhab dalam tahun ini saja. Agar anggarana tepat guna, maka ia membentuk tim sendiri untuk penanganan masalah lubang ini, yang dinamakan tim Saber Lubang, dengan tujuan menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat jalan berlubang. 

Tegas dalam Memberantas Pungli
Sosok Ganjar memang tampak kalem, tetapi di balik itu semua, ternyata ia juga bisa memperlihatkan ketegasannya saat mengatasi pungutan liar di daerahnya. Sebagai contoh, saat melakukan sidak di jembatan timbang Kabupaten Batang.

Ketika Ganjar melihat seorang kenek truk yang meninggalkan uang di meja petugas, agar tidak dikenakan denda bila kelebihan muatan. Kontan ia langsung memeriksa laci, dan menemukan dua amplop berisi uang.

Akhirnya, semua kenek yang ada langsung diintrogasi oleh sang Gubernur. Dari pengakuan para kenek tersebut, ternyata hal itu sudah menjadi kebiasaan di sana. Berlanjut ia mengintrogasi para petugas, yang awalnya megelak, namun bukti, mengantarkan Ganjar pada pengakuan para pegutas, bahwa setiap penjaga biasanya mendapat jatah uang pungli setiap malam. Saat itu pula, Ganjar menegur dinas perhubungan atas adanya praktek ilegal tersebut.

Sikapnya yang kalem tidak penuh gembar-gembor, telah membuktikan bahwa Jawa Tengah lebih baik dan dikenal. Untuk itu, banyak masyarakat yang logis cara berfikirnya, masih mengharapkan Sosok Ganjar untuk terus membenahi Jawa Tengah.

Foto : Istimewa