INDIE streaming

Panen Cabai Blitar Jadi Pasokan Penyangga Nasional


Blitar (d'Monitor)- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pada beberapa kesempatan menyampaikan bahwa pasokan serta harga bahan pokok seperti aneka Cabai harus aman dan stabil menyambut puasa dan Lebaran Idul Fitri 1439 H. 


Menindaklanjuti arahan tersebut, Direktur Jenderal Hortikultura Dr. Suwandi, M.Si bersama Tim Upsus Cabai Bawang melakukan kunjungan ke lapangan untuk memastikan kesiapan pertanaman yang akan dipanen Mei-Juni 2018. Salah satu yang dikunjungi adalah Blitar, sebagai salah satu kabupaten penyangga aneka Cabai Nasional, sekaligus pemasok ke pasar Surabaya dan wilayah Jakarta. 



Pada kesempatan panen Raya Cabai Rawit Merah di Desa Panggungrejo Kecamatan Panggungrejo, Suwandi nampak tersenyum dan menikmati hamparan aneka Cabai yang begitu luas. Pada satu desa saja panennya capai 700 hektare, belum lagi di Kecamatan Binangun dan Wates hingga 4.000 hektare. 



"Sungguh luar biasa pertanaman cabai di lokasi ini. Tiga kecamatan penuh tanaman cabai" ungkapnya. Suwandi menambahkan sentra cabai di Jawa Timur tersebar di Kabupaten Kediri, Blitar, Banyuwangi dan Tuban. Sedangkan cabai besar di Kediri, Banyuwangi, Malang, Blitar, dan Magetan. 



Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Blitar, Eko Priyo Utomo bahwa ketersediaan aneka Cabai di Kediri pada bulan Maret, April, Mei sampai Juni dan menjelang puasa aman terkendali. Luas panen Maret sampai Juni sekitar 7.000 hektar yang tersebar di Kecamatan Panggungrejo 2.800 hektare, Wates 1.482 hektare, dan Binangun 2.900 hektare. “Saat ini panen di tiga kecamatan ini dan siap mengamankan ketersediaan dan pasokan wilayah Jawa Timur dan penyangga nasional" jelas Eko (ah). 



Foto: istimewa