INDIE streaming

Gelora Bung Karno dan Jakabaring Sport Centre Bidik Peluang Usaha Bersama

Palembang (Monitor) - Usai penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games, dua stadion besar di Indonesia yakni Gelora Bung Karno (GBK) dan Jakabaring Sport City (JSC) mempunyai pekerjaan rumah sangat berat, yakni mencari celah usaha agar tetap menguntungkan, bisa merawat dan menjaga agar fasilitas berstandar internasional itu tetap terjaga.

Gatot Tetuko, Direktur Utama GBK, dalam Workshop Pengembangan Wisata Olahraga bertema "Potensi bisnis sport event dalam meningkatkan dampak ekonomi bagi destinasi tuan rumah penyelenggara” di Palembang, Sumatera Selatan, mengatakan, biaya operasional GBk per tahunnya mencapai lebih dari Rp100 miliar per tahun (26/10).

"Festival musik nampaknya paling banyak diminati. Bulan depan, GBK akan menjadi saksi sejarah bagi Indonesia. Sebab, untuk kali pertamanya Guns n Roses bakal tampil kembali setelah dinyatakan bubar. Mereka akan reuni di Jakarta. Selama lima hari mereka akan di Jakarta, mulai dari latihan sampai dengan pementasan," ungkap Gatot yang juga menyebut beberapa nama grup band dan musisi dunia pun akan melakukan konser di GBK.

GBK juga melakukan model pendekatan bisnis sesuai era kekinian. Diantaranya membangun partnership dengan perusahaan e-comerce. Selanjutnya GBK pun menyewakan co working space bagi para pelaku bisnis startup yang isinya para millenial kreatif.

Hal senada diutarakan Bambang Supriyanto, Presiden Direktur JSC). Menurut Gatot, dengan menjadikan destinasi pariwisata sebagai daya tarik adalah langkah tepat untuk menjaga dan merawat keberlangsungan stadion kebanggaan. JSC menjalin kerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi dan Kota Palembang, ASITA, PHRI, ASPERAPI, dan para organizer untuk meningkatkan revenue di luar cabang olahraga. Hasilnya pun direspon positif.

"Belum lama ini ada event organizer (EO), yang menjadikan venue beach bolley saat di ASIAN Games untuk menggelar event beach party. Kemudian, nanti saat akhir tahun bakal digelar konser musik yang konsepnya cukup unik dengan panggung di atas danau. Lokasinya nanti di Jakabaring Rowing & Canoeing Regatta Course," papar Bambang (ft/ab).

Foto: Istimewa