Fifi Hanafia, SE, MM "Dosen Berkearifan Lokal"

Fifi Hanafia SE MM, di Filipina
Bogor (d'MonitorFifi Hanafia, SE, MM adalah Dosen Tetap STIE Pelita Bangsa dan Dosen Luar Biasa STIE Kalpataru. Baginya, profesi dosen adalah cita-citanya sejak kecil. Profesinya sebagai dosen, telah dijalani sejak tahun 2014. Mata kuliah yang disampaikan adalah, Pengampuh Manajemen Strategi, Hubungan Internasional, dan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Menurutnya, tugas dosen bukan hanya "mentransfer ilmu pengetahuan (transfer of knowledge), tapi juga harus mampu menanamkan nilai-nilai budaya yang berkearifan lokal dan nilai-nilai agama. 

Hubungan Dosen dan Mahasiswa terlihat Guyub
"Kepada mahasiswa, saya tanamkan nilai budaya yang Berkearifan Lokal. Antara lain: cinta kepada Tuhan, alam semesta, disiplin, tanggung-jawab, hormat dan santun, berempati, kreatif, keadilan, toleransi dan persatuan", ujarnya

Dikalangan mahasiswa, Fifi Hanafia dikenal sebagai seorang dosen yang  disiplin, dan seringkali hadir pada kegiatan yang diselenggarakan mahasiswa. Tak heran, hampir seluruh mahasiswa STIE Pelita Bangsa dan STIE Kalpataru mengenalnya.

Walau ia dikenal sebagai dosen yang disiplin, dan biasanya dosen disiplin identik dengan dosen galak... Tidak demikian dengan Fifi Hanafia, dengan pendekatan kearifan lokal, is selalu pandai menempatkan kapan harus tegas, dan kapan harus menjadi seorang teman, bagi mahasiswanya...

Sebagai seorang dosen, dirinya terus meningkatkan keilmuannya. Saat ini, sedang mengambil program Doctor of Business Administration di The Philippine Women's University. Program Doctor ditempuhnya bukan semata untuk dirinya pribadi, namun lebih pada bagaimana ia bisa lebih berbagi pengetahuan kepada mahasiswanya kelak. (AP & SSM)