Prajurit TNI Bantu Warga Perbatasan Olah Buah Merah

Salah satu buah yang tumbuh di Papua, Buah Merah, sedang diolah bersama Prajurit TNI
Merauke (d’Monitor) - Buah merah atau kuansu adalah buah yang banyak tumbuh di wilayah Papua, dipercaya masyarakat Papua dapat mengobati berbagai penyakit dan baik bagi kesehatan. Buah merah juga biasanya dikonsumsi dengan cara dimakan langsung atau dipotong-potong, lalu direbus atau dipanggang saus merah kental sebagai bumbu masakan. Selain itu, minyak ekstrak buah merah juga digunakan sebagai penyedap makanan dan juga obat.

Mama Suryani (48 th), warga Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, sebagai salah satu warga perbatasan RI-PNG memiliki usaha rumahan mengolah buah merah menjadi minyak untuk obat-obatan. Guna mendukung usahanya yang kebetulan berada di wilayah binaan TNI dari Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Yanggandur, Sertu Armadani Setiya Wadanpos Yanggandur bersama 3 orang anggotanya membantu mengolah buah merah menjadi minyak (11/2).


“Kita datang ke rumah Mama Suryani untuk membantu dan sekaligus belajar mengolah buah merah menjadi minyak, supaya dapat tersedia stok banyak dikarenakan permintaan masyarakat terhadap minyak buah merah cukup banyak,” ucap Wadanpos.


“Mudahan-mudahan salah satu usaha rumahan yang memproduksi minyak hasil olahan buah merah yang dibeli dari hasil kebun masyarakat setempat, selain meningkatkan perekonomian warga, semakin banyak dibutuhkan oleh masyatakat dan memajukan usaha warga di tapal batas ini,” harapnya (dh).
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Banyak Dibaca