Polri Cek Kesiapan Wisma Atlet Guna Layani Pasien Covid-19

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto beserta jajaran di Wisma Atlet Kemayoran
Jakarta (d’Monitor) - Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Pol Agus Andrianto selaku Kepala Operasi Terpusat Aman Nusa II Percepatan Penanganan Covid-19, meninjau persiapan sarana dan fasilitas Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang akan digunakan tempat isolasi pasien Covid-19 (22/3).

Tampak telah hadir sejumlah pejabat tinggi negara, diantaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Kepala BNPB Doni Monardo, Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto serta Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya.

Menurut Kabaharkam Polri, pengecekan yang dilakukan meliputi kondisi fisik dan kebersihan wisma atlet beserta fasilitas pendukung, ketersediaan air bersih dan dukungan pemadam kebakaran, Posko pengamanan pendukung yang disiapkan Polda Metro Jaya di Wisma Atlet lengkap dengan personel pengamanan, dan kesiapan alat pelindung diri (APD) bagi petugas yang diperbantukan di Wisma Atlet.

"Pengecekan ini menindaklanjuti hasil rapat koordinasi bersama melalui video conference dipimpin Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan/PMK (21/3) serta menindaklanjuti instruksi Presiden bahwa seluruh kekuatan pemerintah, kekuatan negara, dan bangsa bergerak mengatasi masalah penyebaran virus Corona," jelas Komjen Pol Agus Andrianto.

Sementara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menjelaskan adanya peningkatan jumlah masyarakat positif terinfeksi membuat pemerintah saat ini mengambil langkah prioritas dengan mengoptimalkan sumber daya nasional baik yang ada di pusat maupun daerah. Pemerintah pusat berkomitmen akan mendukung penuh kebutuhan di daerah.

"Kami membutuhkan seluruh partisipasi publik, saling bergotong-royong, bahu-membahu, dalam bentuk operasi kemanusiaan baik menyiapkan logistik, membantu mobilisasi baik tenaga dan peralatan medis," ujar Doni Monardo.

Untuk mendukung hal itu, lanjut Kabaharkam Polri, jajaran kepolisian melaksanakan operasi kontijensi Aman Nusa II dalam rangka penanganan virus Corona di jajaran pusat hingga daerah dengan berkerja sama dengan gugus tugas dan unsur TNI di daerah. “Sesuai perintah Kapolri, kami menyiapkan Rumah Sakit Bhayangkara Brimob sebanyak 200 kamar dan Rumah Sakit Kramat Jati sebanyak 50 kamar sudah siap digunakan untuk pasien Corona," papar Komjen Pol Agus Andrianto (ma).