Prajurit Yonif 411 Kostrad Bantu Persalinan Warga Papua Di Bivak

Prajurit TNI berhasil bantu proses melahirkan warga di Bivak, Merauke, Papua
Merauke (d'Monitor) – Di tengah ancaman penyebaran Virus Corona/Covid-19 termasuk di Papua, personel kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad bisa membantu persalinan Ibu Apolina Maywa (24 th), warga RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Merauke.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya menjelaskan, kejadiannyq bermula pada Sabtu (25/4) pukul 07.00 WIT, saat Bapak Bernat Maywa (54 th) datang ke Pos Yakyu, dan meminta bantuan putrinya Apolina Maywa (24) sudah di Bivak akan melahirkan.

Segera Tim Kesehatan Satgas menuju ke Bivak yang tak jauh dari kampung untuk membantu persalinan. Tiba di Bivak, setelah menunggu beberapa jam tepatnya sekitar pukul 14.15 WIT, melalui proses persalinan secara normal dan perlengkapan sederhana, Tim Kesehatan Satgas  membantu Ibu Apolina melahirkan seorang bayi berjenis kelamin perempuan.

“Bayi berjenis kelamin perempuan tersebut lahir dengan normal dan kondisi sehat serta memiliki berat 3,2 Kg dan panjang 47 Cm,” kata Mayor Inf Rizky Aditya. Menurut Dansatgas, proses persalinan di Bivak, hutan dekat kampung, merupakan tradisi adat Suku Kanum warga RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru, Distrik Sota, Merauke. Bila melahirkan harus dilaksanakan diluar rumah dan tinggal dihutan selama 11 hari.

Membantu proses persalinan warga Papua ditengah wabah Virus Corona ini adalah untuk kedua kalinya. “Hal ini sebagai wujud nyata TNI membantu Instansi Kesehatan setempat untuk ikut serta memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Mayor Rizki (ma).
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Banyak Dibaca