Produk Pepaya Merah Delima Miliki Prospek Bisnis Cerah

Pengembangan pepaya merah delima terus dikembangkan karena miliki prospek baik
Lampung (d'Monitor) –  Kualitas varietas pepaya merah delima tak perlu diragukan lagi, baik dari segi rasa, penampilan daging buah dan kekenyalan buah. Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika menggandeng pihak swasta PT.Great Giant Pineapple (GGP) guna meneliti, pengembangan dan pendampingan teknologi tanaman buah tropika.

Kepala Balitbu Tropika Dr. Ellina Mansyah mengatakan, sesuai arahan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Fadjry Djufry, dalam hasil inovasi untuk pepaya delima merah perlu dilakukan percepatan pengembangan serta terobosan yang dapat di sinergikan dengan swasta. “Oleh karena itu bersama PT. GGP kami telah membuat kesepakatan perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani pada 20 September 2018, khususnya dalam penelitian, pengembangan dan pendampingan teknologi tanaman buah tropika," ucap Ellina.

Ellina mengatakan, PT.GGP sangat tertarik mengadopsi varietas unggul pepaya Merah Delima. Produk hasil inovasi Balitbangtan ini diakui PT GGP memiliki ukuran buah sedang, rasa sangat manis, warna daging orange kemerahan dan rongga tengah berbentuk bintang yang menjadi salah satu ciri khasnya.

Melalui Departemen Crop Improvement yang dipimpin Margo Trilaksono, telah merintis riset prospek pengembangan pepaya Merah Delima sejak 2018. Dari hasil uji adaptasi dan preferensi, pepaya merah delima layak untuk menjadi salah satu komoditi yang dikembangkan PT GGP Lampung. "Saat ini PT.GGP sedang fokus melakukan pemurnian kembali pepaya merah delima sekaligus mempersiapkan kebun "mother plan" untuk produksi scion dalam perbanyakan pepaya merah delima melalui metode grafting," jelas Ellina.

Ditambahkan Ellina, Metode grafting dipilih untuk perbanyakan karena akan dihasilkan tanaman pepaya merah delima yang seragam, hermaprodit dengan bentuk buah silindris sesuai pohon induknya. Pengembangan pepaya Merah Delima ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan permintaan pepaya di dalam negeri dan jika memungkinkan diekspor. "Selain itu, saat ini PT GGP juga bermitra dengan petani untuk pengembangan pepaya kuning, sebagai salah satu bahan baku olahan tropical fruit salat untuk di ekspor ke luar negeri," ungkapnya (dh).
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Banyak Dibaca