Hadapi Covid-19, Pemerintah Luncurkan Gernas #BanggaBuatanIndonesia Bantu UMKM

Menko Luhut ajak UMKM untuk terus berkarya karena Pemerintah beri dukungan penuh
Jakarta (d'Monitor) – Guna membantu perekonomian masyarakat terdampak pandemi Covid-19, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi/Menko Marves Luhut B. Pandjaitan mengajak para Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) untuk bersama-sama bergabung dalam platform penjualan secara online/digital. Hal itu disampaikan usai diresmikannya Gerakan Nasional (Gernas) #BanggaBuatanIndonesia untuk #BeliProdukIndonesia (14/5).

“Gerakan #BanggaBuatanIndonesia untuk #BeliProdukIndonesia ini merupakan upaya mendorong penjualan produk ekonomi kreatif atau produk UMKM lainnya ke platform online. Langkah-langkah sekarang kita mulai promosikan ini, kerja sama semua lintas kementerian, ini semua pemain-pemain di dalam UMKM, pemerintah memfasilitasi untuk bisa semua masuk di dalam online ini,” ucap Luhut.

Dijelaskan, UMKM sendiri merupakan pilar dari perekonomian di Indonesia, serta memiliki peran penting. Oleh sebab itu, dirinya berharap semua UMKM dapat bergabung bersama-sama memajukan kualitas serta produk Indonesia. “Ayo ajak teman-teman yang lain, buatlah brand yang bagus, anda bisa juga jadi pengusaha yang sangat terkenal dengan memanfaatkan platform ini. Pemerintah memberikan pelatihan dan pemerintah juga memberi 34,1 T kepada UMKM ini. Orang Inggris bilang “chances never come twice”, kesempatan tidak datang dua kali, jadi Bapak Ibu ayo kita sungguh-sungguh, lakukan, manfaatkan, buat produk-produk Indonesia, cinta produk-produk Indonesia, kita beli produk Indonesia. Itu semua saya pikir hebat,” jelas Luhut.

Sebagai ketua Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Luhut mengaku senang sekali adanya platform ini, sejalan dengan perintah Presiden yakni gunakan produk dalam negeri. “Semua kita kerja dengan tim, semua kita gotong royong, semua kita bangga buatan Indonesia dan semua kita beli buatan Indonesia,” ungkapnya. Adapun industri digital yang mendukung Gernas antara lain Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Gojek, dan Grab (ma).
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Banyak Dibaca