KRI Sultan Hasanuddin Di Lebanon Terapkan Protokol Kesehatan

Siapapun yang berkunjung ke KRI-Sultan Hasanuddin harus dicek kesehatan sesuai protokol WHO
Lebanon (d'Monitor) – Sebagai upaya mencegah dan mengantisipasi penularan  virus Covid-19, Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXVIII/L UNIFIL KRI Sultan Hasanuddin-366 selalu tegas dalam menerapkan protokol kesehatan selama kapal melaksanakan misi perdamaian PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Hal tersebut dikatakan Letkol Laut (P) Ludfy, selaku Dansatgas saat kapal perang TNI AL ini sandar di Pelabuhan Beirut, Lebanon (4/5). Tidak hanya bagi anggota satgas, aturan tersebut juga diterapkan kepada pihak luar yang mau berkunjung ke KRI Sultan Hasanuddin-366  dari jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, sebagai kapal markas mereka.

“ Ini (protokol kesehatan) dilaksanakan sebagai upaya memutus rantai penyebaran penularan virus mematikan tersebut. Yang kita lakukan yakni  pengecekan suhu tubuh secara rutin terhadap seluruh prajurit, kemudian menyediakan antiseptic/hand sanitizer di beberapa sudut  tempat di kapal. Lalu penyemprotan disinfektan baik di bagian luar maupun dalam KRI, pemakaian masker dan sarung tangan serta APD dalam setiap melaksanakan tugas , “ jelas Ludfy.

Ludfy juga mengatakan, selain protokol kesehatan tersebut diatas, seluruh prajurit wajib menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan bergizi serta melaksanakan olahraga rutin. “Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan serta memperkuat sistem kekebalan tubuh,” ujar Ludfy.

Sementara di tengah pandemi Covid-19 yang melanda ratusan negara di dunia, membuat banyak agenda kegiatan Satgas MTF Unifil 2020 harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi negara setempat.  “Namun untuk menjaga profesionalitas anggota Satgas, kita tetap  melaksanakan  beberapa latihan intern,” ungkapnya (ma).
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Banyak Dibaca