TNI Bantu Masalah Kesehatan Ibu Dan Anak Di Perbatasan

Prajurit TNI bantu Puskesmas setempat untuk mengecek kondisi kesehatan warga
Merauke (d'Monitor) – Sebagai wujud kepedulian terhadap pertumbuhan balita, TNI melalui Satgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad turut membantu Puskesmas Sota dalam kegiatan Posyandu bulanan dan layanan kesehatan bagi masyarakat di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Merauke.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya menyebut, sebanyak lima personelnya dari Pos Yakyu dipimpin Dantonkes Satgas Letda Ckm Iwan Debri Setiawan membantu Puskesmas Sota dan Pustu Rawa Biru melaksanakan kegiatan Posyandu bulanan. Dari Posyandu, dapat mengontrol tumbuh kembang balita yang meliputi timbangan, ukur tinggi badan, pemberian Vitamin A, imunisasi, layanan KB, dan pemeriksaan ibu hamil serta dilanjutkan sosialisasi kesehatan dan himbauan tentang mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Menurut Dansatgas, Posyandu ini bukan hanya di RT 03 Yakyu Kampung Rawa Biru saja, tetapi juga di daerah binaan pos-pos Satgas. Hal ini merupakan wujud sinergitas antara Satgas dengan instansi kesehatan setempat, guna memastikan pertumbuhan balita serta ibu hamil selalu terpantau kondisi kesehatannnya.  “Tak hanya Posyandu dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelayanan kesehatan bagi warga masyarakat RT 03 Yakyu yang mempunyai keluhan sakit,” ucapnya.

Di akhir kegiatan, diberikan makanan tambahan (PMT) sebagai asupan gizi bagi balita, supaya balita di RT 03 Yakyu selalu mendapat asupan vitamin dan gizi tambahan, terlebih karena lokasinnya berada di pedalaman dan harus di tempuh dengan Ketinting (perahu tradisional Papua) selama ±3 jam melewati rawa-rawa.

Kepala Puskesmas Sota, Merry S Gebze, menuturkan, “adanya personel Satgas dari Pos Yakyu yang selama ini selalu membantu, tentunya membuat petugas Puskesmas Sota terbantu dalam melaksanakan kegiatan Posyandu dan sekaligus pelayanan kesehatan bagi warga” (ar).
Share:
Diberdayakan oleh Blogger.

Banyak Dibaca